Saturday, July 05, 2008

Kenapa harus putih??

Akhir2 ini sering bgt gw lihat iklan2 produk perawatan kulit yang menawarkan kata “putih” di setiap iklan mereka,,, hamper semua produk perawatan kulit(terutama wajah) untuk pasar Asia, menggunakan kata “putih”

So kenapa harus putih?? Putih kan milik orang bule,, karena setahu gw kulit orang asia itu warnanya kuning, sawo matang sampe hitam. bukan putih.. kenapa kulit putih selalu mempunya nilai yang lebih dibandingkan sawo matang(apalagi hitam) mungkin ini ada penyebabnya dengan sejarah jajah-menjajah kita dulu,, karena setahu gw bangsa Asia banyak dijajah sama orang kulit putih sehingga orang kulit putih dianggap posisinya lebih tinggi, tapi apa iya rule itu berlaku sampe sekarang…

Iklan2 perawatan kulit ini menjual banyak mimpi buat kita (terutama orang asia) karena gw lihat seakan-akan dari kulit putih itu gw bisa dapet cowo cakep, gw bisa lebih cantik bahkan mungkin gw bisa dapet kehidupan yang indah kalau gw punya kulit putih.. atau mungkin gw bisa pindah ras kalo gw punya kulit putih, sampe2 gw ngebayangin klo ada iklan pemutih yang isinya ada anak berkulit hitam yang disuruh mandi sama anak kecil bule dengan sabun pemutih yang dia pake, setelah anak hitam ini mandi, Bumm dia berubah jadi anak kecil yang bule (heheh berlebihan memang)

Tapi apakah putih bisa diartikan dengan cantik juga??? Gw rasa nggak.. karena cantik menurut gw adalah sesuatu yang menyeluruh, termasuk perilaku, pendapat, cara berfikir, kepribadian dan cara membawa diri. Bukan diukur dari putihnya kulit kita apa nggak,,, banyak loh orang Eropa atau orang luar negeri yang penegn punya kulit seperti orang Indonesia. Gw fikir banyak bgt istilah2 yg menurut gw masih gap di Indonesia( selain istilah obat nyamuk(nyamuk kok diobatin?)), kayak kata “whitening” atau pemutih yang dipakai oleh sejumlah perusahaan kosmetik karena pada dasarnya kulit yang coklat nggak bisa diputihin hanya dengan olesan krim atau harus minum pil pemutih. Selain “whitening” ada juga istilah “sunblock” karena nggak mungkin ada krim yang bisa mengeblok sinar matahari..

So masih ada yang pengen punya kulit putih???

2 comments:

Anonymous said...


ada ayu yaitu gw....hehehe
gw kepengen sekali pgn kulit putih
kaya seperti lu ayu
putih n sehat.....^_^

Sitta Ayu said...

@nurman: putih en sehat??