Saturday, March 07, 2009

Mitos

Kita mungkin sering mendengar kata-kata mitos dalam kehidupan kita, tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan mitos. Mitos merupakan pengetahuan manusia tradisional yang dipakai untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan manusia tentang alam semesta. Yang dihadirkan melalui dewa-dewa Yunani. Dahulu mitos berdetak di setiap jantung peradaban, mitos adalah sebuah jawaban penting bagi semua insan, dan mitos bukanlah sebuah dongeng. Dahulu mitos merupakan rumah pengetahuan. Kini, peradaban telah bergeser dan nalar sebuah mitos pun mulai dipinggirkan.

Mitos berubah menjadi nilai suatu kearifan. Banyak mitos mempengaruhi tindakan manusia dalam membunuh satwa, mengambil air, mengotori pantai dan sebagainya. Sains sekarang mempunyai tempat yang paling tinggi sebagai pengganti pengetahuan mitos. Bagi sains mitos tidak dapat diuji kebenarannya, mitos hanya menjelaskan asal-usul manusia atau alam semesta tanpa didukung oleh sebuah fakta yang jelas seperti dalam cerita Sangkuriang. Dan bagi agama mitos merupakan kisah-kisah rekaan yang dapat membahayakan iman, dan mitos menjadi musuh utama dalam menegakkan iman.

Dapat kita lihat bagaimana nilai sebuah mitos dapat berubah. Tetapi menurut saya mitos adalah perjalanan sejarah manusia. Mitos merupakan suatu gerakan mencapai proses penalaran. Penalaran terhadap apa yang terjadi. Dapat kita ibaratkan seperti evolusi manusia dalam menjalani hidup. Mulai dari kanak-kakana hingga dewasa, begitu juga mitos, pada tahap pertama kita dijelaskan mengenai segala fenomena tentang dewa-dewa dan pada tahap selanjutnya kita berada pada tahap puncak peradaban yang dijelaskan dengan ilmu sains.

Bagaimana cara kita untuk mempertahankan ilmu mitos selain dengan kearifan? Kita bisa melihat mitos sebagai symbol untuk memaknai cerita-cerita mitos yang ada disekitar kita dan berbagai peristiwa misterius yang tidak selamanya dapat dijawab oleh ilmu sains. Jika kita bisa menggabungkan ilmu mitos dengan sains mungkin peradaban kita akan lebih baik, karena nalar dari sebuah mitos mempunyai tempatnya sendiri, yang melampaui ilmu sains. Memang banyak hal yang tidak rasional terdapat di ilmu sains. Tapi alangkah baiknya jika kita melihat dari sisi keraifan sebiah mitos. Kita menjadi tahu bahwa cerita sangkuriang dan cerita mitos lainnya bukanlah sebuah legenda yang mengatasnamakan pariwisata, tetapi banyak makna yang tersembunyi yang dapat kita ambil dari cerita tersebut.

No comments: